29 March 2008

Seks Pagi Hari Bikin Sehat

Ditulis pada oleh myartikel

Seks Pagi Hari Bikin Sehat

Sumber: Kompas

Rabu, 26 Maret 2008 | 16:26 WIB

JAKARTA, RABU - Mungkin anda suka malas bercinta di pagi hari. Tapi, anda tentu tak akan begitu lagi setelah tahu khasiat hubungan seks. Aktivitas tersebut juga menyehatkan tubuh. Bahkan, bercinta setara dengan senam aerobik.

Diberitakan oleh thesun.co.uk, itulah yang terungkap lewat sebuah penelitian yang diadakan di Queen’s University, Belfast. Dengan berhubungan intim, setiap otot tubuh bekerja. Bagi jantung dan paru-paru, bercinta bagaikan senam aerobik oktan tinggi. Aktivitas tersebut juga membakar sekitar 300 kalori per jam. Masih menurut hasil studi itu, hubungan seks yang baik, tiga kali seminggu, akan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Di samping itu, bercinta secara teratur akan melancarkan sirkulasi darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

Tulis media yang sama merujuk ke hasil sebuah penelitian yang dipublikasi di majalah New Scientist, berhubungan intim dua kali seminggu merupakan proses penyembuhan yang sempurna karena menaikkan IgA (Imunoglobin A)–garis pertahanan pertama dari sistem kekebalan tubuh. Tapi, jangan kelewat sering melakukannya. Bercinta lebih dari tiga kali seminggu justru menurunkan kekebalan tubuh. Pasalnya, menjelang orgasme, oxytocin (hormon pembangkit rasa senang) menjadikan tubuh dibanjiri oleh endorphin (hormon yang berkekuatan penuh) dan kelebihan endorphin akan mengurangi pertahanan tubuh.

Hubungan intim juga merupakan penghilang rasa sakit alami yang membantu melenyapkan nyeri akibat artritis hingga migren. Strespun berkurang, karena terjadi produksi hormon kortisol. Selain itu, karena setara dengan olahraga yang membakar kalori dan berguna untuk mempertahankan berat badan sesuai standar kesehatan, hubungan seks juga mengurangi risiko anda terkena diabetes.

Bahkan, sebuah hasil studi di AS terhadap 300 perempuan yang aktif berhubungan intim dengan pasangan yang tak memakai kondom ketika bercinta menunjukkan bahwa para perempuan tersebut tidak mudah mengalami depresi. Menurut para peneliti, hal itu terjadi karena mereka menyerap hormon prostaglandin, yang hanya terkandung dalam sperma.

Orgasme akan pula mengeluarkan estrogen, yang bisa menghilangkan nyeri karena PMS (Premenstrual Syndrome). Sementara itu, para peneliti di Yale School of Medicine, AS, yakin bahwa berhubungan seks bisa pula membantu mencegah endometriosis.

Bercinta juga bermanfaat meningkatkan produksi testosteron. Hormon tersebut berkait dengan pembentukan tulang dan otot yang lebih kuat sehingga membantu mencegah osteoporosis. Hubungan intim meningkatkan pula produksi estrogen dan hormon-hormon lain yang menjadikan rambut berkilau dan kulit bersinar. Situs NHS Direct, yang dikutip oleh thesun.co.uk, menyebut, “Bahkan, jika anda khawatir akan keriput pada kulit anda, orgasme membantu mencegah kerut.”

No comments: