26 March 2008

Bagaimana Cara Menghidari Ngemil di Malam Hari?

1. Kenyanglah di siang hari

Pastikan anda mengkonsumsi tidak kurang lima atau ena orsi kecil makanan sehari yang terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, dan buah. Keinginan terus mngunyah sebenarnya merupakan cara tubuh member tahu anda kurang mendapat pasokan lemak atau proein di siang hari. Minimlah secangkir yoghurt untuk mendapatkan asokan lemak dan protein. Jangan lupa makan yang cukup di siang hari supaya tidak terus kelaparan di malam hari.

2. Cukup air

Minumlah air ketika anda tiba-tiba ingin ngemil di malam hari. Mungkin keinginan ngemil itu sebanarnya merupakan tanda dehidrasi. Siapkan segelas air dingin di malam hari. Air ini akan mengisi perut dan membantu mengeluarkan racun-racun.

3. Sikat gigi

Setelah makan malam, segeralah sikat gigi. Kemudin minum segelas air ketika nonton tv. Lebih menyenankan lagi jika minum the herbal yang bikin pikiran anda tampak rileks.

4. Pilihlah makanan ringan sehat

Pilihlah makanan sehat bisa berupa potongan beragam buah segar. Bisa jua buah segar yang diblender bersama yoghurt bersama yoghurt rendah lemak. Anda juga bisa mengunya permen karet mengandung xylitol yang bermanfaat menjaga kesehatan gigi untuk menghindari keinginan mengunyah.

5. Pikir-pikir dulu

Setiap kali ingin makan coklat, gorengan, pizza, keripik kentang, atau es krim di malam hari, pikirkan lagi bagaimana efek makanan berlemak itu pada tubuh anda, jika dimakan terus menerus selama bebeapa bulan. Cobalah minum segelas susu rendah lemak untuk meredakan keinginan ngemil di malam hari.

6. Sibukkan diri

Jangan biarkan diri jadi bosan di malam hari. Sibukkan diri dan ingatkan diri sendiri bahwa hari anda dimulai sepulan kerja. Itulah saat anda bisa mandi berendam air hangat, olahraga di gym, berjalan-jalan dengan anjing kesyangan, atau membaca buku bagus. Usahakan jangan duduk bengong di sofa. Dijamin, lima detik kemudian anda akan iseng membuka kulkas atau pergi kedapur untuk mencari makanan kecil.

7. Tidur awal

Tidurlah lebih awal dan dapat dipastikan anda tidak akan ngemi di malam hari.

Selamat mencoba, dan semoga gaa hidup anda akan lebih sehat.

(Disadur dari majalah Gaya Hidup Sehat)

No comments: