29 March 2008

Pelatihan Menulis Artikel


Menjadi Penulis Artikel dan Berita

“Bisa jadi pertama kali Anda mengirimkan artikel ke media massa, tulisan Anda tidak dimuat. Butuh ketekunan dan kesabaran agar dapat menghasilkan suatu tulisan yang baik. Apabila anda ingin menjadi penulis, teruslah menulis, menulis dan menulis.”

Hal itu diungkapkan oleh Ari Benawa saat memberikan pelatihan menulis bagi para administrator web di Yayasan Bunda Hati Kudus, Kamis (14/2). Menurut Kasubbid Litbang YBHK, Budi Waluyo pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberdayakan pemanfaatan web. Pelatihan berlangsung selama sehari penuh di ruang AVA. Pelatihan tidak hanya diikuti oleh para koordintor lokasi (korlok) dan stafnya, tetapi juga perwakilan guru dan karyawan dari masing-masing jenjang di persekolahan YBHK. Selain memberi penjelasan tentang bagaimana membuat artikel dan berita, Ari juga melatih peserta menulis feature dan berita.

Menurut Ari, kendala yang biasa dihadapi para penulis pemula adalah pemilihan kosa kata yang sederhana. Disarankannya agar menggunakan kata-kata yang mudah dipahami pembaca dalam menulis artikel maupun berita.
Ari juga menyarankan agar para peserta rajin menulis, menulis, dan menulis.

No comments: